PEND. BHS. INGGRIS

Kompetensi Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Category: komlus pendidikan bahasa inggris Written by MOCH. MASRUR Hits: 2949

PETA KOMPETENSI LULUSAN

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, dinyatakan bahwa kompetensi sebagaimana dimaksud paling sedikit memenuhi 5 elemen kurikulum sebagai berikut:

1.        landasan kepribadian;

2.        penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan/atau olahraga;

3.        kemampuan dan keterampilan berkarya;

4.        sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai;

5.        penguasaan kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.

Maka peta kompetensi lulusan dan lima elemen kompetensi pada kurikulum adalah sebagai berikut:

No

CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

5 ELEMEN KOMPETENSI

1

2

3

4

5

1

Mampu berperilaku profesional yang dilakukan dengan mengimplemen-tasikan nilai-nilai yang mencerminkan moral, etika  dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya, peka dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

[DITURUNKAN DARI DESKRIPSI UMUM]

X

X

 

X

X

2

Mampu merancang rencana pembelajaran bahasa Inggris yang efektif, kretif, inovatif dan menyenangkansesuai dengan karakteritik peserta didik.

(diturunkan dari Paragraf 1 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG KERJA)

 

X

X

 

 

3

Mampu menerapkan pengetahuan yang dikuasai untuk pemecahan masalah pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia dalam konteks yang relevan.

[diturun dari Paragraf 1 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG BIDANG KERJA)

 

X

X

X

X

4

Mampu menerapkan pengetahuan tentang pengembangan kepribadian dan etika berkomunikasi serta berperilaku dalam lingkungan akademis dan sosial kemasyarakatan yang diperoleh pemahaman konsep dasar ilmu kebahasaan dan pemahaman lintas budaya dunia.

(diturunkan dari Paragraf 1 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG KERJA)

X

 

X

 

X

5

Memiliki pengetahuan kebahasaan dan keterampilan berkomunikasi bahasa Inggris secara lisan dan tulis dengan kemampuan/English Proficiency: ITP TOEFL 500-525 atau jenis tes standar lainnya yang setara.

(diturunkan dari Paragraf 2 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG PENGETAHUAN)

 

X

X

 

 

6

Memiliki pengetahuan dasar tentang apresiasi karya sastra yang relevan dengan ELT dalam bentuk puisi, prosa dan drama.

(diturunkan dari Paragraf 2 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG PENGETAHUAN)

 

X

 

 

 

7

Mampu mengomunikasikan pengetahuan yang dimiliki untuk pemecahan masalah terkait ELT bersifat kekinian dan relevan dengan isu-isu globalisasi, secara lisan dan tertulis.

[diturun dari Paragraf 3 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG MANAJERIAL)

 

 

X

X

X

8

Mampu bekerja mandiri maupun bekerja sama dalam mengelola dan menciptakan budaya keilmuan terkait ELT dengan menjunjung nilai-nilai moral dan tradisi ilmiah.

 [diturun dari Paragraf 3 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG MANAJERIAL DAN AKUNTABILITAS)

 

 

X

X

 

9

Memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang kewirausahaan

(diturunkan dari Paragraph 2 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi PENDUKUNG: PENCIRI UNIVERSITAS)

 

X

X

 

 

10

Mampu berperilaku positif dalam masyarakat yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang bersumber pada kearifan lokal

(diturunkan dari Paragraph 1 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi PENDUKUNG: PENCIRI FAKULTAS)

X

 

 

 

X

11

Mampu menerapkan pengetahuan untuk menghasilkan terjemahan baik wacana tulis maupun lisan dari  bahasa    Indonesia ke Inggris dan sebaliknya.

(diturunkan dari Paragraph 1 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi PENDUKUNG: PENCIRI JURUSAN)

 

X

X

 

 

 

PETA KOMPETENSI LULUSANDENGAN KKNI

 

No.

KOMPETENSI LULUSAN

DESKRIPTOR

JENJANG 6 KKNI

1

2

3

1

Mampu berperilaku profesional yang dilakukan dengan mengimplemen-tasikan nilai-nilai yang mencerminkan moral, etika  dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya, peka dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

[DITURUNKAN DARI DESKRIPSI UMUM]

X

 

 

2

Mampu merancang rencana pembelajaran bahasa Inggris yang efektif, kretif, inovatif dan menyenangkansesuai dengan karakteritik peserta didik.

(diturunkan dari Paragraf 1 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG KERJA)

 

 

X

 

 

 

 

 

3

Mampu menerapkan pengetahuan yang dikuasi untuk pemecahan masalah terkait ELT di Indonesia dalam konteks yang relevan.

(diturun dari Paragraf 1 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG BIDNG KERJA)

 

 

X

 

 

4

Mampu menerapkan pengetahuan tentang pengembangan kepribadian dan etika berkomunikasi serta berperilaku dalam lingkungan akademis dan sosial kemasyarakatan yang diperoleh pemahaman konsep dasar ilmu kebahasaan dan pemahaman lintas budaya dunia.

(diturunkan dari Paragraf 1 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG KERJA)

 

 

X

 

 

 

 

5

Memiliki pengetahuan kebahasaan dan keterampilan berkomunikasi bahasa Inggris secara lisan dan tulis dengan kemampuan/English Proficiency: ITP TOEFL 500-525 atau jenis tes standar lainnya yang setara.

(diturunkan dari Paragraf 2 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG PENGETAHUAN)

 

 

 

 

 

X

 

6

Memiliki pengetahuan dasar tentang apresiasi karya sastra yang relevan dengan ELT dalam bentuk puisi, prosa dan drama.

(diturunkan dari Paragraf 2 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG PENGETAHUAN)

 

 

 

 

 

X

 

7

Mampu mengomunikasikan pengetahuan yang dimiliki untuk pemecahan masalah terkait ELT bersifat kekinian dan relevan dengan isu-isu globalisasi, secara lisan dan tertulis.

(diturun dari Paragraf 3 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG MANAJERIAL)

 

 

 

X

8

Mampu bekerja mandiri maupun bekerja sama dalam mengelola dan menciptakan budaya keilmuan terkait ELT dengan menjunjung nilai-nilai moral dan tradisi ilmiah.

(diturun dari Paragraf 3 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG MANAJERIAL DAN AKUNTABILITAS)

 

 

 

 

X

9

Memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang kewirausahaan

(diturunkan dari Paragraph 2 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensiPENDUKUNG BIDANG PENGETAHUAN: PENCIRI UNIVERSITAS)

X

X

 

10

Mampu berperilaku positif dalam masyarakat yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang bersumber pada kearifan lokal.

(diturunkan dari Paragraph 1 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi PENDUKUNG BIDANG KERJA: PENCIRI FAKULTAS)

 

X

 

 

11

Mampu menerapkan pengetahuan untuk mengahsilkan terjemahaan baik wacana tulis maupun lisan dari  bahasa    Indonesia ke Ingris dan sebaliknya.

(diturunkan dari Paragraph 1 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi PENDUKUNG BIDANG KERJA: PENCIRI JURUSAN)

 

X

 

X

 

 

Keterangan:

Beri tanda silang pada deskriptor KKNI

1.      Paragraf 1 : Keterampilan bidang kerja

2.      Paragraf 2 : Pengetahuan yang dikuasai

3.      Paragraf 3 : Kemampuan manajerial

 

 

KELOMPOK BAHAN KAJIAN PRODI S1 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

 

(1)

Pendidikan dan pengajaran bahasa

(4)

Penelitian

(2)

Kebahasaan dan sastra

(5)

Budaya, humaniora

 

Penanaman karakter dan kecakapan hidup (life skill)

(3)

Pelaksanaan pembelajaran

(6)

ICT

 

PETA KOMPETENSI LULUSAN (LO) DENGAN BIDANG KAJIAN

 

No

CAPAIAN PEMBELAJARAN/ (LO) PROGRAM STUDI

BIDANG KAJIAN

Pendidikan dan           pengajaran bahasa

Kebahasaan dan sastra

Pelaksanaan  pembelajaran

Penelitian pendidikan dan pengajaran bahasa

Budaya, humaniora, dan penanaman karakter

ICT dan kecakapan hidup (life skill)

   

   1

   2

    3

  4

  5

  6

1

Mampu berperilaku profesional yang dilakukan dengan mengimplementasikan nilai-nilai yang mencerminkan moral, etika  dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya, peka dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

[DITURUNKAN DARI DESKRIPSI UMUM]

X

 

 

 

X

X

2

Mampu merancang rencana pembelajaran bahasa Inggris yang efektif, kreatif, inovatif dan menyenangkansesuai dengan karakteritik peserta didik.

(diturunkan dari Paragraf 1 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG KIRJA)

X

X

X

 

 

X

3

Mampu menerapkan pengetahuan yang dikuasi untuk pemecahan masalah terkait ELT di Indonesia dalam konteks yang relevan.

[diturun dari Paragraf 1 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG BIDANG KERJA)

X

X

X

X

 

X

4

Mampu menerapkan pengetahuan tentang pengembangan kepribadian dan etika berkomunikasi serta berperilaku dalam lingkungan akademis dan sosial kemasyarakatan yang diperoleh pemahaman konsep dasar ilmu kebahasaan dan pemahaman lintas budaya dunia.

(diturunkan dari Paragraf 1 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG KERJA)

 

X

 

 

X

 

5

Memiliki pengetahuan kebahasaan dan keterampilan berkomunikasi bahasa Inggris secara lisan dan tulis dengan kemampuan/English Proficiency: ITP TOEFL 500-525 atau jenis tes standar lainnya yang setara.

(diturunkan dari Paragraf 2 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG PENGETAHUAN)

 

X

 

 

 

 

6

Memiliki pengetahuan dasar tentang apresiasi karya sastra yang relevan dengan ELT dalam bentuk puisi, prosa dan drama.

(diturunkan dari Paragraf 2 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG PENGETAHUAN)

 

X

 

 

 

 

7

Mampu mengomunikasikan pengetahuan yang dimiliki untuk pemecahan masalah terkait ELT bersifat kekinian dan relevan dengan isu-isu globalisasi, secara lisan dan tertulis.

[diturun dari Paragraf 3 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG MANAJERIAL)

X

X

X

X

X

X

8

Mampu bekerja mandiri maupun bekerja sama dalam mengelola dan menciptakan budaya keilmuan terkait ELT dengan menjunjung nilai-nilai moral dan tradisi ilmiah.

 [diturun dari Paragraf 3 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi BIDANG MANAJERIAL DAN AKUNTABILITAS)

X

 

 

X

X

 

9

Memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang kewirausahaan

(diturunkan dari Paragraph 2 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi PENDUKUNG: PENCIRI UNIVERSITAS)

 

 

 

 

 

X

10

Mampu berperilaku positif dalam masyarakat yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang bersumber pada kearifan lokal

(diturunkan dari Paragraph 1 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi PENDUKUNG: PENCIRI FAKULTAS)

X

 

 

 

X

X

11

Mampu menerapkan pengetahuan untuk menghasilkan terjemahan baik wacana tulis maupun lisan dari  bahasa    Indonesia ke Ingris dan sebaliknya.

(diturunkan dari Paragraph 1 KKNI jenjang 6 untuk pengembangan elemen kompetensi PENDUKUNG: PENCIRI JURUSAN)

 

X

 

 

X